Selasa, 05 April 2011

Analisis Laporan Keuangan : Bab 1 no 16 (1-16)

Soal :
Identifikasikan dan uraikan setidaknya 4 kategori alat analisis keuangan
Jawab :
4 jenis alat analisis keuangan, yaitu :
1. Analisis Laporan Keuangan Komparatif
Dilakukan dengan cara menelaah neraca, laporan laba rugi, atau laporan arus kas yang berurutan dari 1 periode ke periode lainnya. Analisis ini meliputi penelaahan perubahan saldo tiap-tiap akun selama beberapa tahun. Perbandingan laporan selama beberapa periode menunjukan arah, kecepatan, dan jangkauan jarak sebuah trend.
2. Analisis Laporan Keuangan Common-Size
Proporsi kelompok yang membentuk suatu pos tertentu bermanfaat bagi Analisis Laporan Keuangan. Secara khusus, dalam analisis neraca, total asset biasa dinyatakan 100%. Kemudian pos-pos dalam kelompok ini dinyatakan sebagai persen terhadap total bersangkutan. Karena total pos-pos dalam kelompok adalah 100%, analisis ini disebut menghasilkan laporan keuangan common-size. Dapat juga disebut analisis vertikal karena evaluasi pos dari atas ke bawah (atau dari bawah ke atas) dalam laporan common-size.
3. Analisis Rasio
Merupakan salah 1 alat analisis keuangan yang paling populer atau umum digunakan. Sebuah rasio menyatakan hubungan matematis antara 2 kuantitas. Rasio 300 terhadap 100 dapat dinyatakan sebagai 3:1. Meskipun perhitungan rasio merupakan operasi aritmatika sederhana, interpretasinya dapat lebih kompleks.
4. Analisis Arus Kas
Digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi sumber dan penggunaan dana. Analisis arus kas menyediakan pandangan tentang bagaimana perusahhan memperoleh pendanaannya dan menggunakan sumber dayanya. Analisis ini juga digunakan dalam peramalan arus kas dan bagian dari analisis likuiditas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar