Sabtu, 09 April 2011

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BAB 2 NO 15 (SOAL 2-15)

SOAL :
Suatu buku teks keuangan menyatakan informasi akuntansi akrual sebagai sup paku. Resep sup paku mencakup bahan sup biasa seperti kaldu dan mie, tetapi juga berisi paku. Hal ini berarti setiap sendok sup paku, seseorang akan mendapatkan paku bersama kaldu dan mi. Oleh karena itu, setiap memakan sup, orang harus membuang paku dari setiap suapan sup. Buku teks tersebut kemudian menyatakan bahwa akuntansi memberikan banyak informasi berharga pada laporan keuangan, tetapi seseorang harus membuang akrual akuntansi (paku) untuk menjadikan informasi tersebut berguna.
Diminta : Kritiklah analogi akuntansi akrual dengan “sup paku”

Jawab :
Dibandingkan dengan sup paku, mungkin lebih tepat kalau diumpamakan dengan “gado-gado”. Informasi yang terdapat dalam akuntansi pada laporan keuangan beraneka macam. Sama seperti gado-gado yang terdiri dari berbagai jenis sayuran, tahu, tempe, serta campuran bumbu kacangnya.
Hanya saja terkadang kita tidak membutuh kan semua informasi yang ada, melainkan sebagian. Begitupun dengan gado-gado. Tidak semua bahan yang ada kita suka atau kita butuhkan. Mungkin kita tidak suka dengan salah satu jenis sayurnya atau munkin juga dengan pedasnya.
Dengan demikian, sesungguhnya kita hanya memerlukan sebagian kecil informasi dari banyaknya informasi yang terdapat pada suatu laporan keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar