Kamis, 07 Januari 2010

Dapatkah Kita Melihat Udara?

Jawabannya suadah tentu adalah tidak. Tapi mengapa hal itu bisa terjadi? Berikut adalah sedikit alasan mengapa udara tidak dapat terlihat oleh mata kita...

Indek bias udara sangat kecil.. sehingga mata kita tidak menyadarinya, lain halnya dengan air. walau tidak berwarna. kita bisa menyadarinya karena efek-efek cahaya(pembiasan/pembauran) terlihat jelas karena indek biasnya tinggi.Sepertinya gak ada hubungannya ama kerapatan partikel.. soalnya udara yang dimampatkan pun gak bisa diliat.

Selain itu, Proses melihat adalah ketika benda yang terlihat itu memancarkan cahaya atau memantulkan cahaya dan cahayanya sampai ke mata kita. (coba bayangkan ketika kamu di tempat gelap, kamu gak bisa nglihat apa - apa kan?)

Nah, masalahnya, ketika cahaya mengenai udara, cahaya itu tidak dipantulkan secara mantap ke mata kita, namun cahaya itu melewati molekul - molekul udara. sehingga cahaya yang sampai ke mata kita tidak menggambarkan keadaan udara, namun memperlihatkan sesuatu di belakang udara.
(seperti juga pada kaca)

kenapa molekul - molekul udara tidak dapat memantulkan cahaya dengan mantap (terfokus) ?, ini dikarenakan jarak antar molekul udara yang sangat lebar.
(berbeda dengan zat cair yang jarak antar molekulnya cukup rapat dan zat padat yang jarak antar molekulnya sangat rapat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar