Kamis, 07 Januari 2010

Sedikit cara membuktikan bahwa bumi berotasi

Banyak hal yg menjelaskan bagaimana bumi berotasi.seperti :
1.sedari matahari terbit, kita dapat perhatikan terus mataharinya. semakin lama semakin tinggi dan akhirnya tenggelam. itu menunjukkan bumi berotasi. bukan matahari yang bergerak,melainkan bumi. kalau kita tidak meraskanny karena kita hanyalah secuil pasir di bola yang sangat besar. tidak ada terasa goncangan. bumi memerlukan waktu 24 jam untuk berputar 1 putaran. itu adalah waktu yang sangat lama. praktekkan dengan bola basket ato bola kaki aza. putar pelan2. terangkan 1 putaran bola basket itu selama 24 jam. apakah org yg ada disana bisa merasakan getaran??
2.terbukti dengan adanya pergantian siang dan malam ; perbedaan waktu di setiap tempat ; bentuk bumi yang pepat.Untuk alasan mengapa kita tidak merasakan bumi berotasi adalah karena adanya gravitasi bumi yang menyebabkan kita seolah-olah tidak merasakannya
3.Kita tidak merasakan gerakan itu karena bumi itu relatif sangat besar dibandingkan dengan diri kita. Contoh kalau kita naik kapal laut yang sangat besar, kita seolah-olah berada didaratan. Tidak terasa kalau sedang di atas kapal. Coba kalau naik kapal kecil / perahu, pasti terasa sekali.
4.Bila sedang naik kereta, trus nglihat keluar, yang ia lihat, pohon2, rumah2, orang2 yang gerak ke belakang atau kereta yang bergerak ke depan??pasti pohon2, rumah2, orang2 yang bergerak ke belakang. nah itu pula yang terjadi di Bumi. kita tidak merasa bumi berotasi karena kita ada di bumi, jadi yang kita lihat adalah matahari, bulan dan bintang yang bergerak berlawanan arah rotasi bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar